Pastikan Kesiapan Pengamanan Perairan Bali, Kapolda Lakukan Sea Trial Rigid Inflatable Boat

Jelang perhelatan akbar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) forum kerjasama multilateral beranggotakan 19 Negara Utama dan Unieropa (EU) bertajuk Presidensi G-20 sudah tinggal menghitung hari yang puncak kegiatannya pada November 2022 bertempat di area ITDC, Nusa Dua, Bali.

Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bali mendapat penambahan kendaraan tactikal operasional yang berupa 2 unit Rigid Inflatable Boat (RIB) yang nantinya akan menjadi andalan dalam pengamanan wilayah perairan saat dimulainya pengamanan Presidensi G-20 di Bali.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., didampingi sebagian besar PJU Polda Bali saat melaksanakan Sea Trial Rigid Inflatable Boat dalam rangka Kesiapan Pengamanan Perairan Presidensi G-20 yang mulai berangkat dari Dermaga Pasiran Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (12/8/2022).

Saat melaksanakan giat Sea Trial, boat melakukan jelajah sepanjang jalur benoa sampai dengan sepanjang perairan Nusa Dua, Selat Bali. Selanjutnya setelah itu rombongan boat Kapolda kembali menuju jalur perairan dan berlabuh Serangan.

Pada kesempatan tersebut Kabid Humas Polda Bali Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan Sea Trial dengan mempergunakan Rigid Inflatable Boat ini guna memastikan seluruh sistem pengamanan dalam rangka KTT Presidensi G-20 nantinya, sekaligus sebagai bentuk uji coba kendaraan taktis Ditpolairud yang baru.

”Sea Trial yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pengecekan lokasi perairan sepanjang Selat Bali yang nantinya menjadi area patroli laut polisi perairan yang berkaitan dengan G-20, dan sekaligus sebagai bentuk uji coba dua kendaraan taktikal RIB baru yang dimiliki Ditpolairud Polda Bali,” ucapnya.

Pada kegiatan Sea Trial Rigid Inflatable Boat ini diakhiri saat 2 boat yang dikendarai oleh rombongan Kapolda bersandar di dermaga Serangan, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *