HUT Brimob ke-76, Kapolri: Kita Harus Ingat Pesan Bung Karno Warisi Apinya Jangan Abunya

SURABAYA,- Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dan Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jawa Timur, Minggu (14/11/2021) siang, bertempat di Rupatama Polda Jatim. Melaksanakan upacara dan tasyakuran dalam rangka peringati HUT Brimob ke-76 Tahun 2021, yang mengambil tema ‘terlatih, tangguh dan responsif’.

Dalam kegiatan tasyakuran yang rekoneksi secara virtual dengan Mabes Polri dan jajaraj polda seindonesia ada beberapa amanat yang disampaikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo:

“Kita harus ingat pesan Bung Karno “warisi apinya, jangan abunya”. Warisi semangat yang menyala-nyala, oleh karena itu marilah kita gelorakan semangat kita dalam bekerja jiwa raga untuk kemanusiaan,” kata Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo, melalui video confren, Minggu (14/11/2021) siang.

Lanjut Listyo, cikal bakal Brimob yakni Polisi Istimewa ‘Tokubetsu Keisatsu Tai’ yang membantu dalam masa peperangan pada masa penjajahan dan paska kemerdekaan RI dengan turut serta dalam peperangan melawan penjajah.

“Pada masa kini Brimob berkontribusi dalam operasi menumpas tindak terorisme dan separatis di Ops Nemangkawi dan Tinombala, serta turut serta dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif,” sambungnya.

Dijelaskan lebih jauh, tantangan event kedepan baik skala Internasional maupun Nasional kita akan menghadapi WSBK di Mandalika. Event badminton Indonesia Open di Bali, serta rangkaian KTT G20 di Bali pada 2022, yang tentu akan menjadi penentu wajah Indonesia di mata dunia.

“Tingkatkan ketakwaan dalam menjalani tugas, niatkan tugas kita sebagai amal ibadah, tingkatkan semangat kita dalam bertugas menjaga kamtibmas serta jaga kehormatan institusi Polri kita,” lanjut dia.

Usai mendengarkan amanat Kapolri. Kegiatan dilanjutkan dengan tasyukuran yang diawali interaksi antara Bapak Kapolri dengan satgas Madago Raya dan Satgas FPU Brimob. Yang dilanjutkan dengan sambutan Dankor Brimob.

“Bahwa Korps Brimob Polri merupakan bagian dari organisasi Polri yang setia dan tegak lurus pada NKRI dan pimpinannya,” tegas Dankor Brimob.

Kegiatan pun berlanjut dengan pemberian penghargaan oleh Bapak Kapolri kepada anggota Korps Brimob Polri yang berprestasi.

Kegiatan pun ditutup dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh Kapolda Jatim dan Wakapolda Jatim yang diberikan kepada anggota Satbrimob Polda Jatim yang berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *