Jakarta – Sudah menjadi kebiasaan dalam beberapa waktu belakangan, Tim Presisi Polda Metro Jaya (PMJ) menggelar patrol dialogis di Satuan Kewilayahan di bawa Wilayah Hukum PMJ.

Ptroli Dialogis di Wilayah Hukum PMJ merupakan inisasi dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Fadli Imran. Fadli memberikan contoh kepada jajarannya untuk menyambangi RT dan RW di wilayahnya.

Sambang RT dan RW yang dilakukan Perwira Tinggi Polri jebolan Akpol 1991 itu dilakukan sembari berdialog dengan warga. Dialog tersebut bertujuan untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat, dan merupakan wujud nyata kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat.

Tim Patroli Presisi PMJ bergerak melaksanakan patrol dialogis di seluruh wilayah. Termasuk di Wilayah Polres Metro Jakarta Timur (Jaktim).

Tim Patroli Presisi PMJ yang beranggotakan 20 personil memulai kegiatan patroli dialogis dengan melakukan ngobrol bareng dengan warga.

Selanjutnya, Tim yang dikomandani oleh Ipda. Sumantri & Ipda Agus ini melaksanakan patroli dialogis usai melakukan apel cipta kondisi (Cipkon) di Kampung Kapitan RT15/RW04 Klender, Jaktim.

Saat tengah melakukan patrol dialogis, Tim Patroli Presisi PMJ Polres Jaktim terkejut dengan hal menakjubkan yang ditemukan di wilayah Klender.

Ternyata, hal yang membuat Tim Presisi terkejut adalah Mini Food Estate yang tengah dikembangkan oleh warga RT15/RW04 Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit. Disini kita dapat menjumpai budidaya ikan lele dalam ember, peternakan lele, budidaya ikan nila, tanaman obat keluarga dan pohon anggur.

Sungguh hal yang luar biasa, di tengah keterbatasan lahan di tengah kota, Mini Food Estate bisa dikembangkan oleh warga RT15. Mini Food Estate ini merupakan inovasi dari Ketua RT 15 Yanuar Mahendra yang didukung oleh seluruh warga di RT yang dikenal dengan sebutan RT Kolaborasi tersebut.

Mini Food Estate di RT15/RW04 Klender ini merupakan inovasi yang luar biasa, dan senada dengan program nasional yang digalangkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Menurut Tim Patroli Presisi PMJ, Mini Food Estate ini bisa dijadikan percontohan dan ditiru oleh RT lainnya yang berada di Jaktim dan wilayah hukum PMJ pada umumnya.

Patroli Dialogis yang digelar pada Kamis (10/11/2022) ini menimbulkan kesan yang berbeda. Hal ini dikarenakan ditemukannya Mini Food Estate tersebut, dan dialog seputar ketahanan pangan antara Tim Patroli Presisi PMJ dengan Pengurus RT15/RW04.

Pengurus RT15/RW04 Klender berharap, Mini Food Estate yang tengah dikembangkan mampu menjadi jawaban atas kebutuhan ketahanan pangan bagi warga RT15/RW04 Klender juga warga di sekitar wilayah RT tersebut.

Ke depan, inovasi-inovasi yang bertujuan menjawab tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat, diharapkan akan lahir dari RT15/RW04 Klender.***

admin hello malangku
humaspolresmalangkota@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *