Tuntaskan Misi Perdamaian, Dua Anggota Polresta Malang Kota Dapat Medali Penghargaan dari PBB

Kota Malang – Jelang berakhirnya misi penugasan, 140 personel yang tergabung di Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 MINUSCA di Bangui, Afrika Tengah mendapat penghargaan UN Medal dari PBB.

Penghargaan diberikan secara simbolis pada saat kegiatan Medal Parade Ceremony yang digelar di Garuda Camp M’Poko pada Rabu (10/8/2022). Dalam kegiatan, dihadiri langsung oleh Deputy Senior Representatif Secretary General (DSRSG) MINUSCA, Lizbeth Cullity dan Komandan Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 MINUSCA Kombes Pol Raymond Masengi.

Penghargaan diberikan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan dari PBB melalui United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission In The Central African Republic (UN MINUSCA).

Dimana pasukan FPU 3 Indonesia telah melakukan masa pengabdian pada misi pemeliharaan perdamaian di Afrika Tengah.

Dari 140 personel yang tergabung dalam Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 MINUSCA tersebut, dua diantaranya adalah anggota Polresta Malang Kota (Bripka Danar Bayu Baskara dari Sat Sabhara Polresta Malang Kota dan Briptu Clarana Erlita Rusady dari Satlantas Polresta Malang Kota).

Selama penugasan di Satgas FPU 3, Bripka Danar bertugas di bagian staf administrasi dan Briptu Clarana bertugas sebagai pasukan taktis. 

Bripka Danar Bayu Baskara bangga dan bersyukur, bisa bergabung di Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 MINUSCA dan juga mendapatkan medali penghargaan dari PBB.

“Saya bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, yang telah memberi dukungan kepada kami hingga bisa menjadi bagian Kontingen Satgas Garuda, inipun menjadi kebanggaan tersendiri, karena membawa nama Kota Malang khususnya Polresta Malang Kota dalam misi perdamaian dunia,” ungkap Bripka Danar. (Jumat,12/8/2022).

Menjadi anggota pasukan perdamaian tentu tidak mudah, apalagi wilayah yang dijaga merupakan wilayah rawan konflik.

“Terkait kondisi di daerah misi, tentunya kondisi keamanan tidak stabil, yang masih sering terjadi suara tembakan. Namun dengan berbekal ilmu yang dapat selama pelatihan, kami bisa menjalani misi ini sampai selesai, dengan batas selama penugasan,” terangnya.

Brigadir Danar juga mengatakan untuk misi Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 MINUSCA di Bangui, Afrika Tengah akan berakhir pada bulan September mendatang.

“Mohon doanya, agar kami dapat menyelesaikan tugas dengan baik hingga akhir misi dan kembali ke Indonesia dengan kondisi sehat tanpa kekurangan apapun.” Harapan Bripka Danar.

Sementara Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengaku bangga dengan pencapaian dan dedikasi tinggi dari kedua anggota Polresta Malang Kota tersebut.

“Ini merupakan suatu kebanggan, tidak hanya kami saja, namun juga menjadi kebanggan Kota Malang, Karena dua anggota Polresta Malang Kota telah membawa harum nama Indonesia, khususnya kususnya kesatuan di kancah dunia,” ungkap Buher

Kombes Pol Buher (saapaan akrabnya.. red) juga berpesan kepada dua anggotanya, agar selalu menjaga kesehatan.

“Kami berpesan, agar selalu menjaga kesehatan, kami juga mendoakan, agar misi yang diembankan bisa lancar, baik saat bertugas hingga mereka kembali ke Indonesia,” pungkas Buher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *