Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek terus berbenah. Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, Polres Trenggalek kembali meluncurkan berbagai inovasi berbasis teknologi canggih.

Hal ini merupakan bentuk keseriusan Kepolisian Bumi Menak Sopal ini untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Trenggalek. Tak mau setengah-setengah, Polres Trenggalek melaunching empat inovasi sekaligus.

Prosesi peresmian yang digelar di halaman Satpas Sim Polres Trenggalek tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Syah M. Natanegara didampingi Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. bersama jajaran Forkopimda. Senin, (31/5).

“Iya benar, hari ini kita launching beberapa inovasi baru yakni ruang tunggu Sim yang representatif dan nyaman, Simetik`s mantap, visualisasi uji praktek Sim dan Mobil Incar.” Jelas AKBP Doni.

AKBP Doni menuturkan, Simetiks Mantap atau System Monitoring Elektronik Ujian Praktek Sim dan kata Mantap yang merupakan jargon Polres Trenggalek yang berarti melayani, terpercaya dan professional, menggunakan sistem digital untuk uji praktek Sim.

“Baru 6 Polda yang sudah menerapkan.” Ujar AKBP Doni Tak berhenti disitu, untuk memudahkan para pemohon Sim mengetahui tingkat kesalahan sekaligus sebagai evaluasi saat mengikuti Uji praktek, telah disiapkan visualisasi dengan layar lebar sehingga dilakukan perbaikan saat uji praktek berikutnya. “Ini yang pertama kali di Indonesia dan terobosan bagus dan semoga bisa diikuti oleh jajaran yang lain.” Imbuhnya.

Demikian pula dengan Mobil Incar atau Integrated Not Capture Atitude Raptop. Dengan terobosan ini, setiap pelanggar lalu lintas akan terekam dan bukti pelanggaran akan dikirimkan ke alamat yang bersangkutan lengkap dengan pasal yang telah dilanggar. Pelanggar diberikan batas waktu 5 hari untuk menyelesaikan denda atau kepemilikan kendaraan akan di blokir.

Sementara itu, Wakil Bupati Trenggalek menyatakan kekagumannya dan sangat mengapresiasi berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Kapolres bersama jajaran Satlantas demi memberikan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat Kabupaten Trenggalek.

Menurutnya, dengan inovasi simetiks ini menunjukkan semangat transparansi dimana pemohon dapat mengetahui secara langsung proses uji praktek Sim dan tidak dapat dimanupulasi. Pihaknya meyakini tidak ada lagi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak berhenti disitu, usai berkeliling dengan dengan mobil Incar, wakil bupati muda ini juga cukup terkesima ide kreatif tersebut. Pihaknya berharap masyarakat Trenggalek bisa lebih tertib berlalu lintas untuk mengurangi pelanggaran maupun kecelakaan serta risiko di jalan raya., Sekali lagi kita mengapresiasi atas inovasi-inovasi yang telah dilakukan untuk Kabupaten Trenggalek” Pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Dandim 0806 Trenggalek Letkol  Arh. Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol., Ketua PN Trenggalek Deny Riswanto,S.H., M.H., Kajari Darfiah, S.H., M.H., serta pejabat utama Polres Trenggalek.

hellomalangku.com
syugmay@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *